Jumat, 02 Maret 2012

Gengsi itu Membunuh, lho!

Diposting oleh Ken Mercedez di 14.43.00
Sobat, kali ini aku mau share masalah “Gengsi”. Udah pada tau kan Gengsi itu apa? Yup, perasaan enggan untuk melakukan sesuatu yang dinilai menurunkan harga diri. Sebenernya kalau kita mau berpikir jernih, gak semua masalah yang kita anggap ‘menurunkan harga diri’ itu bener – bener negatif. Contohnya nih, kita punya masalah dengan teman kita. Masalah itu diawali dari kesalahpahaman. Lalu ketika kita sadar masalah itu sebenarnya sepele, kita gengsi untuk mengatakan maaf duluan. Dari awal gengsi inilah, semakin membuka pintu suram kita untuk ke depannya.
Kenapa bisa begitu? Karna kita bisa kehilangan teman itu, bahkan mungkin sampai selamanya. Kita tidak bisa menuntut agar teman kita itu yang minta maaf duluan. Siapa tau dia juga terikat oleh gengsi juga. Kalau sama – sama gengsi, kapan akurnya? Kita yang menyadari dahulu, maka kitalah yang mengatasinya terlebih dahulu. Kalau kita mau meminta maaf, ya walaupun kita merasa si dia yang salah, dengan sendirinya teman kita itu akan menyadari kesalahannya juga dan balik minta maaf. Selesai kan masalahnya? Kalau kita masih mempertahankan gengsi, maka kita akan dihantui rasa bersalah selamanya.
Nah, itu masalah pertemanan. Bagaimana kalo gengsi yang berkaitan dengan bisnis? Misalnya, kita ingin membangun bisnis sendiri tetapi gengsi untuk melakukannya dari bawah. Anak kuliahan banyak lho yang suka berbisnis aksesoris dan sebagainya. Kalau mengerjakan hal itu kita gengsi duluan, kapan dong dapet ilmu berbisnisnya? Bisa – bisa kita ketinggalan ilmu ‘berbisnis’. Hohoho...
Sama halnya dengan meminta tolong atau menanyakan sesuatu. Kalau kita malu bertanya, pasti sesat di jalan. (Pepatah klasik banget yak!) begitu pula kalau kita gengsi untuk meminta tolong padahal kita gak mampu mengerjakan sesuatu sendirian. Bisa – bisa kerjaan kita gak sukses atau malah ancur. So Guys, buanglah gengsimu jauh – jauh. Gengsi itu membunuhmu (mirip lagunya sapa yak?). hehehe...  Semoga Sharing kali ini berguna ya buat sobat semuanya. Aamiin.


2 komentar:

Ari on 9 Oktober 2012 pukul 17.03 mengatakan...

Makasih ya ka..
jadi motivasi banget.. :)

Ken Mercedez on 26 Oktober 2012 pukul 21.17 mengatakan...

sama2... thanks ya udah mampir :)

Posting Komentar

 

Ken Mercedez Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting